Kamis, 06 September 2012

OPAK HARI I (Tingkat Universitas)

Apa itu OPAK?
OPAK 2012!

Opak merupakan singkatan dari Orientasi Pengenalan Akademik Kampus di Islamic State University.
OPAK dilakukan 3 hari secara berturut-turut. Dan hari ini adalah Opak hari pertama tanggal 6 September 2012 bertempat di audiotorium UIN Alauddin Makassar. Dan ini merupakan opak yang baru kembali dilakasanakan setelah 2 tahun terakhir.

Opak hari pertama merupakan pembukaan kuliah ditingkat Universitas yang dimulai dari jam 7.30 sampai pukul 15.30 dijadwal tapi aslinya ngaret satu jam. Harap maklum.
Setiap mahasiswa/i setiap fakultas dibedakan dengan warna khas setiap fakultas, dan ditandai dengan pita yang dipakai. Misalnya saya, saya merupakan salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Matematika (Calon Guru dan Dosen Matematika) AMIN, nama fakultas saya Tarbiyah dan Keguruan. Unik kan namanya? Mungkin tidak ada di universitas yang nama fakultasnya sama. Pita fakultas saya hijau.

Oya! Tahun ini merupakan tahun terbanyak UIN Alauddin menerima siswa baru yaitu sekitar 4700an lebih (tepatnya berapa tidak ingat).
Fakultas saya juga merupakan fakultas dengan mahasiswa baru terbanyak yaitu 1038 mahasiswa dengan 8 prodi. Yang lain cuma 400, 500 lebih saja. WAW kan? WAW bangetssss.

Untunglah hari pertama opak, senior di fakultas saya tidak minta macam-macam.
Karena ada salah satu fakultas yang harus membawa dan memakai kaca mata hitam, topi petani, kaos kaki beda warna, dan macam-macam lainnya. 

Opak hari pertama diawali dengan mengajarkan kami Hymne dan Mars UIN.
Dan dari sekian banyak kali saya menyanyikan Hymne UIN saya Cuma menghafal baris pertama “UIN harumlah namamu..” Itu saja. Padahal sudah berulang kali dinyanyikan. Tapi saya hafal kok nadanya, hafal. Namun, maklum lah suara saya bukan suara penyanyi jadi kalau ada yang suruh nyanyi itu, saya diam saja. Maklum lah maklum.

Beberapa agenda acara pada opak hari pertama yaitu: pengenalan Rektor, Dekan fakultas, Pembantu Rektor, Kepala Biro, dan Guru Besar UIN Alauddin.
Dan hiburan yang paling sering ditampilkan oleh  UKM Seni budaya & eSA. 

Ada juga perkenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). BEM ini terdiri dari BEM Universitas yang ketuanya dijuluki Presiden Mahasiswa. Tapi saya lupa namanya kakanda siapa yang saya ingat cuma fakultasnya, asal fakultas Presiden Mahasiswa tersebut dari fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Bangga dong. Kalau ada BEM Universitas, ada juga BEM fakultas yang di ketuai oleh orang dari fakultas masing-masing. Saya juga tidak ingat lagi siapa-siapa nama kakanda-kakandanya. Setiap kali mereka memperkenalkan diri, mereka menyuarakan “HIDUP MAHASISWA” dan kami harus menjawab “HIDUP!!” Yah inilah mahasiswa.

Adapula perkenalan UKM  dari UIN Alauddin. Agak bangga juga karena beberapa ketua UKM berasal dari fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Sama seperti ketua BEM yang tadi, ketika mereka memperkenalkan diri selalu dibarengi dengan teriakan “HIDUP MAHASISWA” dan lagi-lagi kami harus menjawab “HIDUP!!” Yah kata-kata itu memang tidak asing lagi setelah kami menjadi mahasiswa.

Oyaaaa satu UKM yang tidaklah asing dan sangat tidak asing untuk saya ketahui, apa lagi kalau bukan KSR PMI. Berhubung saya alumni dari PMR SMP dan SMA saya. Masuk gak yak masuk gak yah? Berorganisasi lagi gak yah? Ah, mesti fikir-fikir dulu lagi kalau mau berorganisasi di jenjang perguruan tinggi.
Satu lagi--
Kata-kata yang selalu diucapakn beberapa orang yang saya dengar “Selamat Datang di Kampus PERADABAN”
Kata-kata yang selalu diucapkan senior fakultas saya “Besar Dalam Kebesarannya” Entahlah apa artinya itu. Apapun artinya, pastilah artinya positif.

Sedikit cerita tentang OPAK hari pertama. Sebenarnya mau cerita lebih panjang, tapi sayang oh sayang pas nulis ini perut saya minta haknya yang dari siang belum dipenuhi.

-Selamat makan malam~
-Selamat makan. Dan selamat malam^

6 komentar:

  1. Wah, tidak terasa Zela juga sudah jadi mahasiswa. Hehe.
    Hafal baik-baik MARS-nya, Zel. Jangan kayak saya. Pernah ditanya, "Apa lagi MARS-nya Unhas?".
    Tiba-tiba saya malah nyanyi, "Hai, PMR..."
    #KemudianHening

    BalasHapus
  2. Oh iya, ada bagusnya kode verifikasi komentarnya dihilangkan saja biar pengunjung blog mu ndak repot.
    Caranya bisa baca di sini

    http://kertasium.blogspot.com/2012/08/kode-verifikasi-komentar-banting-meja.html

    BalasHapus
  3. Blog ku blog lama, kak. Kok saya tidak dapat settingannya di blogku seperti contoh gambar di blog ta-_-

    BalasHapus
  4. Ada kok. Contoh blog lama blog baru ada semua :D

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah sudah.
    Ternyata selama ini sy salah masuk pengaaturan, ke tempat komentar yang satu, bukan setelan post komentar. hehe.

    BalasHapus
  6. Zzz ~
    Memang Zela yang selalu salah. Salahkan mi Zela terus... (Kayak update tweet saja'. Haha.)

    BalasHapus

161216

Di penghujung 161216